8 Tips Menghemat Keuangan Keluarga

8 Tips Menghemat Keuangan Keluarga

1. TV Kabel

Berapa lama kita menggunakannya sehari? Bagaimana jika digantikan dengan streaming di youtube?

2. Mobil Pribadi vs Motor dan Kendaraan Umum

Seberapa penting bepergian menggunakan mobil pribadi dibandingkan dengan motor dan kendaraan umum? Mengingat BBM terus meningkat harganya.

3. Merokok vs tidak merokok

Berapa uang yang dihabiskan untuk merokok setiap bulannya? Uang tersebut dapat kita gunakan untuk keperluan yang lain atau untuk investasi kecil-kecilan.

4. Botol Air Mineral di Supermarket vs Membawanya Sendiri

Beberapa orang menghabiskan cukup banyak uang untuk membeli botol air mineral atau minuman lainnya setiap harinya.

5. Makan diluar vs membuat sendiri

Membuat sendiri makanan anda memang memakan lebih banyak waktu, namun lebih hemat dan sehat. Sekarang banyak kok jenis makanan yang mudah dibuat dan lezat.

6. Kontrak Rumah vs Kredit Rumah

Kredit rumah kelak kita mendapatkan rumahnya yang harganya terus meroket, kontrak rumah kita tidak mendapatkannya. Tapi perlu diperhatikan kenyamanan lokasi, perkiraan kenaikannya, kualitas bangunan, kemampuan keuangan, dll.

7. Ikut klub kebugaran

Beberapa orang ikut klub kebugaran namun jarang menggunakan fasilitasnya. Mungkin lebih baik dengan membeli beberapa alat sederhana dan melakukannya dirumah, berjalan-jalan diseputar komplek dan mengikuti video tutorial diinternet..

8. Hemat listrik.

Gunakan kwh yang kecil akan mengurangi biaya listrik anda, gunakan AC malam hari saja, siang hari listrik digunakan untuk mesin cuci atau memasak nasi di rice cooker.

Baik sekian 8 Tips Menghemat Keuangan Keluarga, semoga bermanfaat.

1 comment

Paleo Cookbooks said...

Hi nice rreading your blog

Silahkan Bagikan ^.^

>