7 Jenis Penghasilan dari Internet, Bukan Hanya Penghasilan Youtuber Tiktok Blogger

Belakangan ini banyak orang ingin mendapatkan penghasilan dari internet, misalnya dari YouTube sebagai youtuber dengan adsense youtubenya, penghasilan dari blogger ataupun penghasilan dari tiktok.

Namun sebenarnya ada beberapa jenis penghasilan yang sama menariknya dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya, jenis penghasilan ini juga bisa didapatkan dari internet kok.


Nah ada apa saja sih jenis penghasilan itu? Dan bagaimana penghasilan ini juga bisa didapatkan dari internet ? Yuk kita sama sama pelajari satu satu. 🙂




1. Royalti

Jenis penghasilan yang pertama adalah royalti, menurut aku youtuber blogger dan tiktoker dan konten kreator lainnya termasuk dalam golongan ini. Yang dimaksud dengan penghasilan royalti adalah penghasilan yang didapatkan dengan penggunaan properti, ide dan kekayaan intelektual.


Bentuk penghasilan ini bisa berbeda-beda misalnya bagi youtuber lewat video mereka yang sudah di monetazi adsensenya, tiktoker lewat video mereka diberi gift oleh penontonnya, blogger lewat adsense dari blognya, penulis lewat royalti dari bukunya dan lain-lain.


Untuk mendapatkan penghasilan royalti biasanya dana yang diperlukan tidak terlalu besar. Disisi lain kita memerlukan ide yang besar dan orisinil serta keterampilan yang mumpuni agar bisa mendapatkan penghasilan yang baik.


2.  Gaji
Gaji merupakan salah satu jenis penghasilan yang paling dikenal saat ini. Gaji bisa didapatkan ketika kita bekerja pada orang lain.


Sejak pandemi banyak orang bekerja dari rumah saja dan tetap mendapatkan gaji, bahkan banyak pekerja Indonesia yang berada di luar negeri sekarang kembali ke Indonesia dan bekerja dari rumahnya.


Hal ini bukan mustahil karena lewat teknologi internet, mereka tetap bisa melakukan meeting secara online, membuat laporan secara online, maupun memeriksa pekerjaan secara online.


Biasanya para pekerja dibayarkan berdasarkan jam dan tenaga untuk bekerja, sehingga untuk mendapatkan penghasilan ini kita memerlukan waktu dan tenaga relatif besar. Disisi lain, penghasilan dari gaji relatif stabil jumlahnya loh 🙂.


3. Laba


Laba didapatkan ketika kita melakukan suatu usaha yang menguntungkan. Laba dihitung lewat jumlah pendapatan kotor dikurangi modal awalnya.


Saat ini banyak usaha juga bisa dilakukan secara online misalnya usaha online shop. Untuk mendapatkan penghasilan dari laba, biasanya kita membutuhkan modal dana yang relatif besar. Resikonya juga relatif besar, misalnya ketika kita berdagang online ternyata barangnya tidak laku, atau ketika suppliernya menipu.


Di sisi lain jenis penghasilan ini memiliki kemungkinan keuntungan yang tidak terbatas dan waktu kerjanya relatif fleksibel loh 🙂.


4. Bunga

Bunga didapatkan ketika kita meminjamkan uang kepada pihak lain. Misalkan bank mendapatkan penghasilan bunga dari memberikan kredit usaha ataupun kredit rumah, uang yang dipinjamkan katakan 100 juta sedangkan peminjam akan membayar secara menyicil sebanyak totalnya 110 juta.


Dewasa ini kita mengenal istilah peer to peer lending atau lengkapnya Fintech Peer-to-Peer Lending (Lending) atau Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI). Disini kita bisa berlaku sebagai bank yang memberikan kredit pada orang lain, bedanya kita akan dibantu dengan sistem fintech lending lewat aplikasi ataupun website. Jangan kuatir fintech peer to peer lending legal kok, namun pilihlah sistem yang sudah terdaftar di OJK ya.


Kelebihan dari penghasilan ini tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. Akan tetapi sistem bunga tidak selalu cocok bagi semua orang, khususnya yang menganggap riba itu dosa. Selain itu kita harus mengenal betul siapa yang meminjam uang kita, sebab ada resiko gagal bayar ya hehehe.


5. Deviden

Deviden adalah penghasilan yang didapatkan lewat pembagian laba perusahaan bagi para pemilik sahamnya.


Dulu ketika kita hendak membeli atau menjual saham kita meski pergi ke bank atau agennya dan melakukan banyak langkah administrasi. Saat ini ini untuk membeli dan menjual saham kita bisa melakukannya secara full online lewat aplikasi loh, sungguh sangat simple 😄.


Aku sendiri sedang belajar mengembangkan penghasilan deviden aku lewat aplikasi ini.


Jangan kuatir aplikasi yang aku gunakan ini aman dan berijin lengkap
sebagai berikut :


* Izin OJK Perantara Pedagang Efek
* Anggota Bursa Efek Indonesia (IDX)
* Anggota Dana Perlindungan Pemodal ( Indonesia SIPF)
* Izin OJK Agen Penjual Efek Reksa Dana


Untuk mendapatkan penghasilan deviden tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga secara langsung. Akan tetapi untuk mendapatkan penghasilan deviden membutuhkan dana yang cukup dan juga informasi seputar saham yang mumpuni ya.


6. Capital Gain


Penghasilan ini didapatkan ketika terjadi kenaikan nilai investasi. Misalnya ketika kita membeli tanah harganya 100 juta dan dijual kembali laku seharga 150 juta.


Jenis penghasilan ini juga bisa didapatkan lewat internet loh, misalnya lewat saham perusahaan. Kita membeli ketika harganya satu lot Rp 100.000,- dan menjualnya ketika harga 1 lot nya satu juta.


Untuk mendapatkan penghasilan ini perlu informasi dan kejelian menimbang yang mumpuni, modal dananya juga cukup besar. Disisi lain kemungkinan mendapatkan keuntungannya juga sangat besar. Dalam hal ini kita mesti mencontoh Bapak Lo Kheng Hong, Warren Buffett nya Indonesia yang menghasilkan uang bahkan saat beliau sedang libur dan tidur hehe..


7. Sewa


Penghasilan sewa adalah penghasilan yang didapatkan ketika kita menyewakan benda atau properti kita. Misalnya sewa rumah, kamar, sewa mobil.


Saat ini penghasilan sewa juga bisa kita dapatkan lewat pemasaran online. Beberapa bahkan sudah dikoordinir oleh perusahaan, contohnya lewat aplikasi reddoorz kita bisa menyewakan kamar dengan standar mereka, pemasaran dan administrasi juga dibantu oleh mereka.


Untuk mendapatkan penghasilan sewa kita tidak memerlukan waktu dan tenaga yang banyak. Namun karena kita mendapatkan penghasilan dari menyewakan properti, maka kita perlu memiliki modal properti dan merawatnya dengan baik ya.


Oke teman-teman sekian sharing aku tentang aneka jenis penghasilan yang juga bisa didapatkan lewat internet. Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya semoga bermanfaat.


Instagram @inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube : Mommy Inova Melisa
www.inovamelisa.com


5 comments

Wiwik said...

Mantap sharingnya Bu ��

Dian Restu Agustina said...

Makin luas saja sumber penghasilan ya dengan memanfaatkan ketersedian tekonologi internet yang kini makin mumpuni. Yang utama terus berusaha memanfaatkan peluang yang ada, konsisten menjalaninya, nanti akan ada hasilnya:)

Belajar said...

Waaah ternyata banyak ya jenis penghasilan yang didapat dari internet.. selama ini sudah mencoba yang mana saja nih? boleh kah dishare pengalamannya

Mei Daema said...

wah banyak ya ternyata penghasilan online ini kalau dicermati tidak hanya dari menulis atau membuat video saja, tapi lainnya juga bisa jadi penghasilan, keren niy saya baru kepikiran kak

Nurhilmiyah said...

Tiap jenis penghasilan rumahan ada plus minusnya ya Mom, misalnya mau menyewakan rumah ya harus punya aset properti dan keluarkan uang maintenance nya dl ya, br deh orang mau sewa. Nice post, Mom. Thanks

Silahkan Bagikan ^.^

>